Portal Berita Derah, Nasional dan Global

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Jumat, 30 April 2021

Hizbul Wathan UMS Hadirkan Tiga Narasumber dari MDMC dalam 'Talkshow' Kesiapsiagaan Bencana

 

Talkshow Kesiapsiagaan Bencana yang digelar Hizbul Wathan UMS. FOTO : HUMAS UMS

SOLOSKOY.COM,SUKOHARJO - Hizbul Wathan (HW) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Jateng, menggelar talkshow mengenai kesiapsiagaan bencana secara daring pada Senin (26/4/2021).

Hadir sebagai pembicara, Kepala Bidang Diklat Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Jateng, Fathul Faruq; Koordinator Divisi Tanggap, Darurat, Tehabilitasi, dan Rekonstruksi (TDRR) MDMC Jateng, Chairil Anam; dan Wakil Ketua MDMC Kudus, Satriyo Yudo B W.

Ketua Khafilah Putra UMS, Ivan Fadilla Wijaya, menyampaikan, tujuan dari diadakannya Talkshow Kesiapsiagaan Bencana adalah sebagai ajang untuk belajar terkait dapur umum, logistik, psikososial dan sebagai langkah antisipasi untuk menyediakan sumber daya manusia (SDM) jika diperlukan.

BACA JUGA : Tabligh Akbar di UMS, Ustaz Restu Sugiharto Ajak Mahasiswa Bahas Dosa Berat hingga Cinta dan Jodoh

Ruang Khusus

Adapun Fathul Faruq selaku narasumber pertama , pada materinya yang terkait psikososial menyampaikan, dalam penanganan suatu bencana, di lokasi yang terkena bencana harus terdapat ruang khusus difabel yang mudah diakses dan dihafal.

“Serta perlu adanya pendidikan nonformal bagi anak-anak yang terkena bencana," kata Fathul Faruq, dalam siaran pers yang dikirim Humas UMS ke redaksi SoloSkoy.com, Jumat (30/04/2021).

BACA JUGA : Ini 6 Strategi Penunjang Pengembangan Kampus Prof Sofyan Anif Setelah Dilantik sebagai Rektor UMS Periode Kedua

Narasumber kedua Chairil Anam dalam materinya menyampaikan, dalam suatu bencana, adanya logistik sangat diperlukan.

“Terutama dalam pendampingan psikososial," kata Chairil Anam.

Sedangkan narasumber terakhir, Satriyo Yudo B W, antara lain menyampaikan, dalam pengoperasian dapur umum, perlu adanya pengorganisasian dalam tim. (jun)

Share:

2 comments:

Arsip