Portal Berita Derah, Nasional dan Global

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Minggu, 04 April 2021

Menu Buka Puasa Paket Ladosan Ini Akan Disajikan di Royal Besaran Heritage Gallery and Resto Solo

SOLOSKOY.COM, KARANGANYAR - Ndalem pesanggrahan atau rumah peristirahatan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegoro IV (1863 - 1881) di Jalan Adi Sucipto No. 01 Colomadu, Karanganyar, disulap menjadi resto dan galeri seni bertaraf internasional.

Bangunan itu kini dinamakan Royal Besaran Heritage Gallery and Resto (RBHGR).

Menjelang bulan Ramadan sekarang, RBHGR melaunching menu unggulan untuk berbuka puasa yakni Paket Ladosan Ramadan 1442.

Mengapa disebut paket Ladosan?

Sebab, pengunjung cukup duduk manis, sedangkan yang aktif adalah pelayan yang melayani atau meladeni atau ngladosi, mengambilkan nampan berisi makanan dan minuman.

Paket Ladosan ini di antaranya menu Ayam Bumbu Rujak dan Ikan Acar Kuning.

Manajer Royal Besaran Heritage Gallery and Resto,  Pembayun Galih Ratri.

Makanan Khas Jawa

Manajer Royal Besaran Heritage Gallery and Resto (RBHGR), Pembayun Galih Ratri, kepada wartawan di RBHGR, Jumat (2/4/2021), mengatakan Ayam Bumbu Rujak adalah sebuah makanan khas Jawa yang terbuat dari daging ayam yang masih segar dan dibumbui bumbu merah .

"Sedang Ikan Acar Kuning adalah sajian menu makanan terdiri dari ikan dori bumbu Nusantara, yang digoreng, disajikan bersama acar kuning," kata Pembayun.

Adapun bonus paket Ladosan buka puasa berupa takjil, kurma dan aneka gorengan.

Semua menu utama disajikan sesuai protokol kesehatan.

Satu orang mendapat jatah satu porsi terdiri dari nasi putih, Ayam Bumbu Rujak, Ikan Acar Kuning, tumis buncis wortel, kerupuk, acar dan sambal.

Hidangan Penutup

Sedangkan hidangan penutup terdiri fruit cocktail  dan infused mineral water, teh, kopi serta dawet ayu.

Pembayun menjelaskan, menu lainnya di Royal Besaran adalah galantin ayam yakni ayam di roll giling, serta Puding.

Selain itu lidah pengunjung dimanjakan dengan jenis menu sambal goreng telur dan tumis daun pepaya serta sup jagung dan capcai sayur serta telur bumbu Bali.

Adapun yang kini yang menjadi favorit pengunjung, katanya, adalah menu unik yakni Menu Nasi Jemblung, yang  merupakan nasi putih di dalamnya ada lidah sapi  saos bistik.

Penyajiaannya dengan beralaskan daun pisang, nasi yang dibentuk cincin, lidah sapi kemudian diletakkan di tengah cincin tersebut.

Di Royal Besaran, calon pembeli kuliner juga bisa pesan menggunakan direct message (DM) akun Instagram @royal_besaran atau  nomor whatsap 08112871779 

Bisa Ngabuburit 

Pengunjung Royal Besaran Heritage  Gallery and Resto tidak hanya disuguhi makanan lezat bergizi, namun juga bisa menunggu berbuka puasa (ngabuburit) dengan nglaras, bisa berswa foto di bangunan bergaya kolonial Belanda itu yang memiliki taman yang indah.

Dengan nama Royal House, bangunan yang berdiri sejak 1861 ini telah mengalami proses renovasi.

"Namun, arsitektur asli dengan piar-pilar besar di bagian depan yang masih berlantai traso dan diimpor langsung dari Belanda, tetap dipertahankan,” kata Pembayun.

Pada zaman dahulu, rumah tersebut dijadikan sebagai tempat beristirahat Pengageng Pura Mangkunegaran KGPAA Mangkunegara IV saat meninjau para pekerja Pabrik Gula Colomadu.

Pameran Lukisan

Menurut PembayunGalih Ratri, Royal Besaran adalah rumah bagi seni keindahan yang hidup lestari dengan nuansa kedamaian.

Pihaknya pun menyajikan paduan nilai sejarah dan lukisan.

"Ya di Royal Besaran juga digelar pameran lukisan, kini temanya seni lukis realis, ada puluhan lukisan bergambar wajah Presiden Jokowi berbagai ekspresi,”ucapnya.

“Kalau pengunjung tertarik untuk membeli mengkoleksi lukisan pak Jokowi tentu dipersilakan," ujar Pembayun. (jun)

Share:

1 comments:

Arsip