Portal Berita Derah, Nasional dan Global

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Selasa, 23 Maret 2021

Selenggarakan Gelar Panca Pustaka Sastra, Dinas Kebudayaan Solo Tampilkan Joko Pinurbo, Sosiawan Leak dan Supardjo

 

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Surakarta, Drs Agus Santoso MM, membuka  Gelar Panca Pustaka Sastra. FOTO : DOK DINAS KEBUDAYAAN

SOLOSKOY.COM, SOLO – Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta melalui Dinas Kebudayaan menyelenggarakan Gelar Panca Pustaka Sastra bertema Webinar Kehidupan Berkreasi Sastra di Masa Pandemi Covid 19

Acara ini digelar pada Selasa (23/03/2021), di Rumah Kabudayan Ndalem Djojokosesoeman Solo. 

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Surakarta, Drs Agus Santoso MM, menyebutkan, Gelar Panca Pustaka Sastra merupakan pembuka rangkaian kegiatan Gelar Panca Pustaka tahun 2021 yang meliputi lima domain kebudayaan, yaitu seni, sastra, sejarah, bahasa, dan nilai tradisi. 

“Kami mengangkat sastra sebagai salah satu bagian kebudayaan dengan harapan lebih dikenal, diminati, dikembangkan, dan dilestarikan oleh pegiat dan penikmat sastra,” katanya, dalam siaran pers yang diperoleh SoloSkoy.com.

“Sehingga, kreativitas jagat sastra tidak memiliki batasan di masa pandemi untuk tetap berkarya kreatif,” ucap Agus Santoso.

Jumlah Peserta Terbatas

Dinas Kebudayaan Solo mengundang peserta terbatas, sebanyak 25 orang, dari komunitas di Kota Solo untuk hadir di lokasi acara. 

Gelar Panca Pustaka Sastra juga digelar secara daring melalui aplikasi zoom sekaligus kanal YouTube Dinas Kebudayaan agar lebih banyak orang dapat mengikuti acara ini.

Dinas Kebudayaan menghadirkan tokoh-tokoh sastra sebagai narasumber, yaitu sastrawan dari Yogyakarta, Joko Pinurbo; sastrawan dan teaterawan Solo, Sosiawan Leak; dan dosen Sastra Daerah Universitas Sebelas Maret Surakarta, Drs Supardjo MHum. 

Ketiga narasumber membahas tema Webinar Kehidupan Berkreasi Sastra dimasa Pandemi Covid 19.

Joko Pinurbo mempresentasikan Dua Buku Puisi dari Masa Pandemi, Sosiawan Leak menjabarkan Korona Bencana atau Karunia?  sedangkan Drs. Supardjo, M.Hum menjelaskan “Karya Sastra Zaman Surakarta dan Orientasi Pageblug Pujangga.

Musikalisasi Puisi 

Selain presentasi dari para narasumber, ada juga penampilan musikalisasi puisi Dimas Pratama Duo berjudul Aku Ingin karya Sapardi Djoko Dhamono lagu oleh Ari Reda, Karma karya Putu Wijaya lagu oleh Dewa Bujana, dan Kangen karya Agus Noor lagu oleh Encik Sri Krishna.

Ada pula pantomime dari Solo Mime Society berjudul Kabar Kabur dan deklamasi dari Sosiawan Leak berjudul Fobia.

Adapun pendaftar daring webinar Gelar Panca Pustaka Sastra mencapai 200 orang dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, NTT, dan Bali. 

Acara ini menghadirkan Indah Darmastuti, penulis prosa, cerita anak dan review seni pertunjukan yang berasal dari Kota Solo. (jun)

Share:

1 comments:

Arsip