Portal Berita Derah, Nasional dan Global

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Jumat, 12 Maret 2021

Habib Hasan Mulachela : Pengusaha-Politikus Dermawan Solo, Meninggal di Jakarta, Dimakamkan di Sukoharjo


Habib Hasan Mulachela semasa hidup. FOTO : JOGLOSEMARNEWS.COM

SOLOSKOY.COM, SOLO –  Habib Hasan Mulachela (64) meninggal dunia karena penyakit jantung di Rumah Sakit Jantung Diafragma Cinere, Jakarta Selatan, Jumat (12/03/2021) pagi.

Jenazah pengusaha dermawan asal Pasar Kliwon, Solo, Jateng, itu dibawa ke Solo lalu dimakamkan di Pemakaman Muslim Klumprit di Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jumat malam.

Selama ini Habib Hasan memang sering pergi-pulang Jakarta-Solo karena, selain punya beberapa usaha di Solo, dia juga bekerja di Jakarta.

Sebelum dimakamkan, jenazah Habib Hasan Mulachela disemayamkan di rumah duka, Jl Kiai Mojo nomor 8, Kampung Joyosudiran RT 2 RW 12, Kelurahan-Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo.

Setelah disemayamkan beberapa saat, jenazah Habib Hasan disalatkan di Masjid Jami Assegaf di Pasar Kliwon kemudian dibawa ke Klumprit (dari rumah Hasan ke arah timur, berjarak sekitar tujuh kilometer).

Sejak pagi banyak pelayat datang di rumah duka, termasuk Camat Pasar Kliwon, Ari Dwi Aryatmo.

Ari kepada wartawan di rumah duka mengatakan sudah berkoordinasi dengan keluarga untuk proses pemakaman Hasan yang memakai protokol kesehatan.

"Nanti jenazah perjalanan dari Jakarta dulu sampai sini perkiraan pukul 17.00 WIB," katanya, Jumat siang.

Pantauan SoloSkoy.com,waktu kedatangan jenazah Hasan tak jauh dari perkiraan Ari Dwi, yaitu pukul 17.25 WIB.

Jenazah Habib Hasan Mulachela tiba di rumah duka di Solo. (FOTO : TRIBUNSOLO.COM)
Pengusaha Dermawan

Adapun Habib Hasan sekarang dikenal banyak orang sebagai pengusaha dan tokoh kaya raya yang toleran dan sangat dermawan.

Penyebabnya, dalam masa pandemi Covid-19, Hasan sering blusukan ke kampung-kampung membagi-bagikan uang Rp 100.000 dan atau beras untuk warga miskin.  

Tindakan mulia itu tak hanya dilakukan Habib Hasan di Solo namun juga di Jakarta (antara lain di Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Jakarta) Utara dan Surabaya, Jatim, yaitu di kawasan Pasar Turi Surabaya.

Hasan pun dikenal sering menyambangi dan membantu warga non-Muslim sebagai bentuk wujud menjaga toleransi antarsesama.

Di antaranya, para warga  di Kampung Debekan RT 01 RW 03 Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Solo, pada 24 Desember lalu.

Politikus Senior yang Dekat Jokowi

Mungkin tidak banyak orang tahu, Habib Hasan juga seorang politikus senior berjam terbang tinggi.

Pada era pra reformasi, tahun 1998, ia menjadi anggota F-PP DPRD Solo.

Saat itu ia juga menjabat Bendahara Mega Bintang, sebuah organisasi yang terbentuk sebagai “aliansi” pendukung tokoh PDI Megawati Soekarnoputeri (yang dimusuhi pemerintah Presiden Soeharto) dan pendukung PPP.

Hasan sekian tahun silam juga pernah menjabat Ketua DPC PPP Solo.

Terkini, sejak 2020, Habib Hasan masuk kepengurusan DPP PPP dengan menjabat salah satu Ketua Bidang Isu Strategis.

Selain itu Hasan juga dikenal sangat dekat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Saat menjelang Pilpres 2019, Habib Hasan Mulachela sering mendampingi Jokowi saat mengunjungi kantong-kantong umat Islam, termasuk di Jatim.

Maka tak heran bahwa dari banyak karangan bunga duka cita di rumah Hasan terlihat karangan bunga kiriman Presiden Jokowi dan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. (jun)


Share:

1 comments:

Arsip