Portal Berita Derah, Nasional dan Global

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Sabtu, 25 September 2021

Tim Robot Megalodon UMS Raih Juara 1 dan Best Strategi Kontes Robot SAR Indonesia 2021

Empat mahasiswa UMS Program Pendidikan Teknik Elektro anggota Tim Megalodon.

SOLOSKOY.COM, SUKOHARJO - Tim Megalodon dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang berlaga dalam Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) berhasil meraih Juara I dan Best Strategi.

Mereka menang dalam ajang kompetisi rancang bangun dan rekayasa bidang robotika yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yang diumumkan Sabtu (25/09/2021) hari ini.

BACA JUGA : Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Luluskan 2 Perempuan Doktor Ilmu Hukum

Siaran pers dari Humas UMS yang dikirim ke redaksi SoloSkoy.com menyebutkan, Kontes Robot Indonesia (KRI) memasuki tahun ke-19 sejak pertama kali diadakan pada tahun 2003 di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada saat itu.

Transformasi KRPAI

Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) merupakan transformasi dari Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI). KRSRI menekankan pada misi pencarian dan penyelamatan bencana yang umum terjadi di Indonesia.

Adapun Tim Megalodon merupakan tim  robot bimbingan Heru Supriyono ST MSc PhD yang beranggotakan Wahyu Yuli Aldianto, Aron Widiatmoko, Untung Budi Utomo dan Aldi Yulianto, mahasiswa UMS Program Pendidikan Teknik Elektro.

BACA JUGA :  Mahasiswa UNS Solo Ciptakan Sabun Kertas Berbahan Alami Pendukung Prokes

Ketua Tim Megalodon, Wahyu YuliAldianto, menyampaikan kebahagiaan sekaligus kesiapannya untuk berkompetisi pada level selanjutnya pada 12 Oktober 2021 mendatang.

"Sangat senang dan kami siap untuk berlomba di tingkat lanjut," kata Wahyu seusai pengumuman kemenangan.

Kembangkan Potensi Mahasiswa

Prestasi yang diperoleh dalam perlombaan Kontes Robot Indonesia ini sesuai dengan Misi Biro Kemahasiswaan UMS yaitu mengembangkan potensi mahasiswa melalui kegiatan ekstra kurikuler agar menjadi sumber daya manusia profesional, memiliki kepedulian sosial dan lingkungan, serta memiliki jiwa wirausaha yang dilandasi nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan

BACA JUGA : Di Laboratorium MIT AS, Noor Titan Putri Hartono Rancang Panel Surya Lebih Murah dan Efisien

Kepala Biro Kemahasiswan UMS, Ir Ahmad Kholid AlGhofari ST MT mengungkapkan bahwa Biro Kemahasiswaan bangga atas pencapaian tim Megalodon UMS yang  menunjukkan hasil kegiatan dan pengembangan Robot Research berjalan baik.  (jun)

Share:

1 comments:

Arsip