Portal Berita Derah, Nasional dan Global

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Selasa, 27 Juli 2021

Pemkab Sragen Gandeng LPMPP-UMS untuk Seleksi Perangkat Desa

Penandatangaan MoU antara Camat Kedawung yang mewakili Pemkab Sragen dengan LPMMP-UMS.

SOLOSKOY.COM, SRAGEN - Camat Kedawung, Kabupaten Sragen, Jateng, Nugroho Dwi Saputro SSTP, mewakili Pemkab Sragen memediasi Memorandum Of Understanding (MoU) antara Kades Desa Karang Pelem dan Wonokerso, Suwanto STp dan Suparno, dengan  Lembaga Pengabdian Masyarakat dan Pengembangan Persyarikatan Universitas Muhammadiyah Surakarta (LPMPP-UMS).

Acara berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Kedawung Sragen lantai tiga, Selasa (27/07/2021). 

Kesepakatan yang disertai penandatanganan MoU tersebut terkait dengan keterlibatan LPMPP sebagai bagian dalam penyeleksian perangkat desa.

Kepala LPMPP UMS, Prof Ir Sarjito MT PhD, menyampaikan bahwa UMS bertugas membantu Panitia seleksi (Pansel) di kedua desa sebagai tim penguji dan akan menerjunkan minimal tiga penguji. 

Dalam seleksi perangkat ini terdapat dua komponen tes yang meliputi wawasan mengenai pemerintahan desa, kecakapann pidato dan tes komputer. 

"Komponen ke dua adalah menjadi porsi Pansel," kata Prof Sardjito.

Ujian Kompetensi

Menurutnya, ujian kompetensi akan dilakukan secara offline namun tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat pada Selasa 3 Agustus 2021 setelah selama satu bulan UMS menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  (PPKM).

Disebutkan pula LPMPP merupakan unsur pelaksana UMS yang mempunyai tugas mengkoordinasikan, memantau, dan menilai pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh pusat- pusat studi  di LPMPP, fakultas, jurusan, bagian, kelompok dan perorangan, mengusahakan pengendalian dalam hal penggunaan sumber daya, serta mengusahakan pengembangan dan peningkatan mutu pengabdian kepada masyarakat, maupun membangun ekosistem antara kampus dan dunia usaha dan industri (DUDI) serta masyarakat. 

Ditambah, unsur Pengembangan Persyarikatan. 

Berbakti untuk Rakyat

"LPMPP mengangkat Motto Berbakti untuk Rakyat, Mengabdi untuk Mencerahkan Ummat,” katanya.

“Kami ingin menjembatani penguatan proses hilirisasi hasil-hasil riset para civitas agar lebih bernilai guna bagi masyarakat, serta mendorong segenap civitas untuk peka terhadap persyarikatan baik di lingkungan sendiri maupun bagi persyarikanan diseluruh tanah air utamanya untuk daerah-daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal, Red)," kata Prof Sardjito.

Selain itu LPMPP ke depan akan mendorong dosen juga banyak melibatkan mahasiswa dalam pengembangan persyarikatan, dalam tema-tema kerja nyata dan dakwah jamaah secara organisasi dan Dakwah Amar Ma’ruf Nahi Munkar serta memberi arah perubahan dalam rangka mewujudkan masyarakat utama. 

Ditambahkan oleh staf LPMPP Eko D dan Rohmad AP, termasuk di dalamnya adalah adanya kegiatan MoU seperti diuraikan di atas. (jun)



Share:

1 comments:

Arsip