Portal Berita Derah, Nasional dan Global

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Selasa, 02 November 2021

Waldjinah, Sruti Respati dan Lain-lain Akan Jadi Bintang Tamu Solo Keroncong Festival 2021

 

Penyanyi keroncong Woro Mustika menyanyi saat jumpa pers Solo Keroncong Festival, Selasa (02/11/2021).

SOLOSKOY.COM, SOLO - Event Nasional Solo Keroncong Festival kembali digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta pada tahun 2021. Acara ini menjadi agenda tahunan Pemerintah Kota Solo sejak pertama kali digelar di era kepemimpinan Wali Kota Joko Widodo pada tahun 2009.

Kegiatan ini akan dilaksanakan  pada Minggu-Senin, 7–8 November 2021, di Conventiont Hall Tirtonadi dengan menerapkan protokol kesehatan dan tamu undangan terbatas.

Selain itu, acara ini akan disiarkan secara virtual melalui kanal YoutTube  Kompas TV, Gibran TV, Budaya Saya, Dinas Kebudayaan Surakarta, Pariwisata Solo, dan Batik TV mulai pukul 19.00 WIB.

Event warisan ini telah menjadi barometer festival keroncong di Indonesia bahkan Internasional karena Kota Surakarta adalah satu satunya kota yang konsisten menggelar festival keroncong setiap tahunnya,” demikian siaran pers yang diperoleh SoloSkoy.com dari panitia Solo Keroncong Festival, Rabu (03/11/2021).

Manfaatkan Platform Digital

Tahun ini, Solo Keroncong Festival 2021 akan lebih mendekatkan dirinya pada generasi penerus musik keroncong dengan memanfaatkan platform digital dengan tujuan untuk pelestarian, regenerasi, dan reaktualisasi musik keroncong terhadap para pegiat maupun penikmat musik keroncong, terutama para millennials.

Dengan tagline Keroncong Berseri dan tema “Historia untuk Millenials”, Pagelaran Solo Keroncong Festival 2021 mengemban misi melestarikan dan mengembangkan musik keroncong sehingga para millennials mau dan mampu mengapresiasi dan mengadopsi  Musik Keroncong  hingga mampu berevolusi dan selalu mengkini dalam jagad musik Indonesia bahkan dunia.

Banyak Bintang Tamu

Solo Keroncong Festival 2021 akan menampilkan perjalanan musik keroncong mulai dari masa lalu, keroncong di masa kini, dan tawaran musik keroncong masa depan dengan menampilkan 11 Grup Orkes Keroncong Nasional dan Internasional serta dimeriahkan oleh sejumlah bintang tamu.

Mereka adalah  Waldjinah – Sundari Sukoco & Intan Sukoco -  Endah Laras – Sruti Respati – Iin Indriani - Billy Tamnge Beatbox - Daniel Christianto – Woro Mustiko Siwi – Encik Sri Krishna - Dimas Pratama – Shuma Prada – Andrea dan Adisty - serta Seniman Seniwati Keroncong Solo.

Rangkaian acara Solo Keroncong Festival 2021 pada hari pertama juga akan menyajikan Pod Kron (podcast keroncong) yang akan memberikan edukasi mengenai perkembangan keroncong dari masa ke masa serta bagaimana masa depan musik keroncong nantinya. 

Podcast ini akan melibatkan Bens Leo sebagi host, dan narasumber Singgih Sanjaya, Bambang Heri, dan Addie MS yang akan bergabung secara live interaktif.

Jadi Penyemangat

Kegiatan ini diharapkan akan menjadi penyemangat bagi seluruh pelaku industri kreatif dan kesenian khususnya musik keroncong, utamanya dalam usaha percepatan pemulihan ekonomi dari pandemi Covid 19 serta membangun citra Kota Surakarta sebagai pusat kesenian keroncong, kebudayaan, pariwisata, dan ekonomi kreatif.

Solo Keroncong Festival 2021 terbuka untuk masyarakat umum yang ingin berpartisipasi dan menyaksikan kemeriahannya dengan terlebih dahulu melakukan booking reservasi dengan kuota terbatas. (jun)

Share:

0 comments:

Posting Komentar