Portal Berita Derah, Nasional dan Global

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Jumat, 13 Agustus 2021

UMS Melepas 1.488 Wisudawan, Termasuk 504 Wisudawan Lulus Cumlaude dan 10 Wisudawan dari Enam Negara

 

Suasana Wisuda full daring UMS yang dipancarkan dari Gedung Edutorium KH A Dahlan, Jalan Adi Sucipto, Solo.

SOLOSKOY.COM, SOLO -  Lagi, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sebagai salah satu Universitas Unggul Mendunia, mewisuda para lulusannya.

Kali ini, Rabu (11/08/2021) bertepatan dengan 2 Muharam 1443 H, UMS mewisuda sebanyak 1.488 wisudawan.

Dengan mempertimbangkan masih diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah, dan demi kebaikan serta manfaat untuk banyak pihak, pewisudaan kali ini dilaksanakan secara full daring.

Menurut Bagian Humas UMS kepada SoloSkoy.com, pewisudaan daring tersebut dipancarkan dari Gedung Edutorium KH A Dahlan, Jalan Adi Sucipto, Karangasem, Solo, yang merupakan gedung termegah dan terbesar di Jawa Tengah.

Pewisudaan yang dilaksanakan secara daring penuh ini diikuti para wisudawan asal  berbagai pelosok negeri, dari Sabang sampai Merauke, dan 10 di antaranya wisudawan dari luar negeri.

Sepuluh wisudawan luar negeri tersebut adalah dari Jordania (tiga wisudawan), Sudan (dua wisudawan), Thailand (satu wisudawan), Zimbabwe (satu wisudawan), Laos (dua wisudawan), dan Aljazair (satu wisudawan).

Mutu Lulusan Naik Signifikan

Secara akademik mutu lulusan mengalami kenaikan yang sangat signifikan.

Terbukti, sebanyak 504 orang dari 1.488 wisudawan, atau 34%, mencapai kemampuan wisudawan cumlaude.

Adapun sebagian dari para wisudawan dari berbagai pelosok negeri dan dari bebeberapa  negara tersebut telah berkiprah dalam berbagai bidang baik politik, sosial kemasyaraktan, wirausaha, birokrasi, ataupun perusahaan swasta dalam berbagai level dan sebaran demografi.

Kepada para wisudawan, Wakil Rektor UMS I Bidang Akademik, Prof Harun Joko Prayitno, memberikan pesan agar mereka tetap menjadi pembelajar sepenjang hayat, menjadi pribadi-pribadi mandiri yang berkepribadian Islami, menjadi alumni IKI (inovaror, kreator, dan inventor), serta menjadi alumni penggerak perubahan dalam era komunikasi-komunikasi global.

Prof Harun juga memesankan pentingnya mengembangkan talenta dan kompetensi holistik dalam berkehidupan bermasyarakat kepada pada alumni.

Harus Kedepankan Ilmu dan Amal

Sedangkan Rektor UMS, Prof Dr Sofyan Anif, dalam kesempatan pewisudaan full daring tersebut berpesan agar para wisudawan mengedepankan filosofi “Islam mengutamakan ilmu karena ilmu adalah jalan memahami setiap sisi kehidupan.”

Dia mengingatkan, ilmu dan amal keduanya merupakan aspek penting bagi alumni dalam kehidupan bermasyarakat.

Rektor UMS pun memberian pesan moral agar alumni mampu berperan aktif dalam membangun dan mencerahkan kemajuan bangsa Indonesia.

Prof Anif juga meminta agar para alumni UMS yang sudah tersebar di berbagai pelosok negeri dan belahan dunia  dapat saling bersinergi dan berkoloborasi dalam mengembangkan profesinya sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing.  (jun)

Share:

1 comments: