Portal Berita Derah, Nasional dan Global

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Jumat, 26 Februari 2021

Selamat (Mulai) Bekerja, Wali Kota Solo Mas Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Wali Kota Solo Pak Teguh Prakoso

SOLOSKOY.COM, SOLO – Duet politikus PDI-P, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakoso, resmi memimpin Solo sebagai wali kota dan wakil wali kota sejak Jumat (26/02/202) pagi.

Mereka resmi menggantikan FX Hadi Rudyatmo (Rudy) dan Achmad Poernomo setelah dilantik secara online oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Gedung Graha Paripurna DPRD Surakarta.

Gubernur atas nama Mendagri mengambil sumpah Gibran dan Teguh bersama dengan pemimpin 17 kota/kabupaten yang juga mengikuti pelantikan secara virtual.

Acara pelantikan diselenggarakan sangat terbatas dengan dihadiri, antara lain, Rudy dan Purnomo sebagai wali kota dan wakil wali kota periode 2016-2021 beserta istri, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Pimpinan DPRD Kota Surakarta, Ketua KPU, Pimpinan Bawaslu, Pimpinan Perangkat Daerah Kota Surakarta, dan keluarga Gibran maupun Teguh.

 Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kiri), dan Wakil Wali Kota,Teguh Prakosa, bersama istri masing-masing seusai acara pelantikan, Jumat (26/02/2021) pagi. FOTO : ISTIMEWA

Istri Gibran, Selvi Ananda, menarik perhatian karena terlihat cantik (meski memakai masker) dan anggun dalam balutan pakaian kebaya warna merah dan kain jarit colekat tua serta selempang batik.

Gibran Rakabuming, yang akrab disapa Gibran, dalam sambutannya di Rapat Paripurna DPRD Solo antara lain menyampaikan, di awal masa kepemimpinannya bersama Teguh, Kota Solo akan mempercepat vaksinasi Covid-19 ke berbagai elemen masyarakat.

Prioritaskerja di awal kepemimpinan kami adalah program percepatan vaksinasi bagi masyarakat Kota Surakarta, terutama para pedagang di pasar,” ucap wali kota yang juga putera sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini.

“Fokus utama adalah vaksinasi di Pasar Gede dan Pasar Klewer, karena kedua pasar tersebut merupakan pusat perekonomian di Kota Solo.”

“Ekonomi akan kuat jika warganya sehat,” kata Gibran.

“Begitu juga penguatan UMKM, co-working space, creative hub, dengan memanfaatkan Big Data, akan mempercepat kemajuan Solo," ujar pria yang juga pengusaha ini.

Gibran tak hanya berbicara namun langsung bekerja.

Beberapa saat setelah pelantikan, ia bersama Teguh meninjau persiapan vaksinasi di Pasar Klewer dan Pasar Gede yang akan dilakukan Sabtu (27/02/2021) besok..

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, meninjau persiapan pemberian vaksin Covid-19 di Pasar Gede, Jumat (26/02/2021) pagi. FOTO : TRIBUNSOLO.COM

Sebelumnya, ia pulang danhulu ke rumah dinas Loji Gandrung untuk berganti pakaian.

"Pokoknya kita ngebut, vaksinasi harus selesai cepat,” kata Gibran kepada wartawan sebelum masuk Pasar Gede.

Karena itu, ia berjanji tidak akan mengambil libur dahulu pada hari Sabtu (27/02/2021) dan Minggu (28/02/2021).

“Tidak usah menunggu hingga Senin,” ujarnya menegaskan. (jun)

Share:

1 comments:

Arsip