Portal Berita Derah, Nasional dan Global

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Selasa, 21 Desember 2021

Proklim Dusun II Desa Purbayan, Baki, Sukoharjo Gelar Festival Hari Ibu

Suasana Festival Hari Ibu yang digelar Proklim Dusun II Desa Purbayan.

SOLOSKOY.COM, SUKOHARJO - Proklim (Program Kampung Iklim) Dusun II Desa Purbayan, Baki, Kabupaten Sukoharjo, Jateng, menggelar Festival #1 dalam rangka Hari Ibu. Kegiatan pada hari Minggu (19/12/2021) tersebut bertemakan Ibu Hebat. 

Menurut Ketua Proklim, Safira Faradina, kegiatan Festival #1 mencakup 5 kegiatan, yaitu Dosen (dodolan second), lomba cipta menu pangan lokal, kantin bunga raya, pembuatan lilin dari minyak jelantah dan pembagian bibit tanaman.

Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama Proklim Dusun II dengan Politeknik Santo Paulus Surakarta Prodi Teknologi Rekayasa Pangan untuk kegiatan lomba cipta menu pangan lokal, dan dengan Prodi Kimia Industri Politeknik Santo Paulus Surakarta untuk kegiatan pembuatan lilin dari minyak jelantah. 

Lomba cipta menu pangan lokal saat Festival Hari Ibu di Dusun II Purbayan.

Selain itu bekerjasama dengan Kementerian LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan) untuk pembagian bibit tanaman. Sedangkan kegiatan dosen (dodolan second) bekerjasama dengan Bank Sampah Bunga Raya Purbayan.

Kegiatan ini diikuti oleh warga di lingkungan Dusun II Desa Purbayan.  

Sebanyak 26 menu olahan pangan lokal dari lidah buaya, gembrot, daun Kelor, singkong, bunga telang dan daun katuk tersaji menjadi olahan menu masakan keluarga. 

Menurut Laela Nur Rokhmah, S. TP., M. Sc selaku perwakilan dari Politeknik Santo Paulus Surakarta,  kegiatan cipta menu pangan lokal ini bertujuan agar masyarakat mampu  menciptakan menu yang bahan bakunya bisa diperoleh dengan menanamnya di rumah. Sehingga, berketahanan pangan dari rumah bisa tercapai.(jun)

Share:

0 comments:

Posting Komentar