Portal Berita Derah, Nasional dan Global

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Senin, 20 Desember 2021

Politeknik Santo Paulus Surakarta dan Bank Sampah Bunga Raya Sulap Minyak Jelantah Jadi Lilin

Workshop pembuatan lilin dari minyak jelantah di Dusun II, Desa Purbayan, Baki, Kabupaten Sukoharjo, Jateng, Sabtu (19/12/2021). 

SOLOSKOY.COM, SUKOHARJO - Kegiatan workshop pembuatan lilin dari minyak jelantah diselenggarakan di Dusun II, Desa Purbayan, Baki, Kabupaten Sukoharjo, Jateng, Sabtu (19/12/2021). Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang ibu warga setempat.

Menurut ketua tim, Henny Parida Hutapea, S. Si., M. Sc, kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama antara Proklim (Program Kampung Iklim) Dusun II Desa Purbayan dengan Prodi Politeknik Santo Paulus Surakarta. 

"Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat bisa memanfaatkan minyak jelantah yang merupakan limbah menjadi sesuatu yang berguna," katanya kepada SoloSkoy.com seusai kegiatan berlangsung.

Kegiatan pengelolaan minyak jelantah difasilitasi oleh Bank Sampah Bunga Raya, yang merupakan unit di bawah Proklim. Nasabah bank sampah bisa menyetorkan sampah dalam berbagai benuk, salah satunya minyak jelantah.

Sampah minyak tanah dibeli oleh bank sampah untuk selanjutnya dijual kepada penjual besar. 

"Namun bila masyarakat sudah bisa membuat olahan barang dari minyak jelantah dan dikomersialkan, seperti sabun dan lilin, malah akan menjadi unit usaha bank sampah itu sendiri," ujar Nanik Purwati SH selaku manajer Sampah Bunga Raya. (jun)

Share:

10 comments:

  1. Seruu...bisa bikin sesuatu berguna dr hal yg tidak berguna..😊

    BalasHapus
  2. Baguss yaa. Menambah nilai jual bt minyak jelantah. Semoga menginspirasi

    BalasHapus
  3. Mantab! Peningkatan nilai jual, bisa jadi ide jualan juga ✨

    BalasHapus
  4. Selamat dan semoga selalu dapat bermanfaat.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Semangat dan sukses slalu utk Bank Sampah Bunga Raya

    BalasHapus
  7. mantab politeknik santo paulus surakarta bersinergi dengan warga purbayan

    BalasHapus
  8. Kegiatam yang positif, perlu mendapatkan dukungan dan apresiasi. Semoga semakin banyak kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Politeknik St. Paulus Surakarta dengan jangkauan masyarakat yang lebih luas. Jaya Polsapa dan sukses utk bank sampah bunga raya purbayan

    BalasHapus
  9. Rumah adalah rumah kita, tapi jangan lupa alam adalah rumah kita sebenarnya. Jadi tetap jaga alam kita dengan berkontribusi mengolah limbah menjadi suatu produk yang bermanfaat. Karena sedikit tindakan kita dapat menjadi perubahan besar untuk alam kita. Teruslah berkreasi dan berinovasi Bank Sampah Bunga Raya. Dan teruslah bersemangat mentransferkan ilmunya Politeknik Santo Palus Surakarta.

    BalasHapus
  10. Seruuuu dan sangat bermanfaat 🤗🤗

    BalasHapus