Portal Berita Derah, Nasional dan Global

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Jumat, 01 Oktober 2021

Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Barista di C&L Coffee Solo Diikuti Pula oleh Peserta Difabel

Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Barista di C&L Coffee Solo.

SOLOSKOY.COM, SOLO - Coffee Shop C&L Coffee di Kota Solo, Jateng, menjadi tempat Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Barista (orang yang ahli membuat minuman kopi di kafe atau kedai kopi, Red) hasil kerja sama dengan Home Coffee Roastery dan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, 28 September 2021-30 September 2021, di coffee shop yang berlokasi di Jl dr Rajiman No 525 yang merupakan bagian dari Hotel Solia Zigna Kampung Batik Laweyan Solo tersebut.

“Pelatihan diikuti oleh 20 peserta yang diharapkan siap memasuki dunia kerja khususnya di bidang Food and Beverage,” kata Public Relations Solia Zigna Kampung Batik Laweyan Solo, Yasodhara Cakasana (Dhara), kepada SoloSkoy.com, Sabtu (02/10/2021).

BACA JUGA : Angkat Busana Pengantin Mangkunegaran, Dinas Kebudayaan Solo Tanamkan Nilai Tradisi 

Mengurangi Pengangguran

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk program kerja Pemerintah Kota Surakarta untuk mengakselerasi masyarakat usia produktif agar dapat terserap di dunia kerja, yang secara tidak langsung mengurangi angka pengangguran.

Dhara mengatakan, hal berbeda pada pelatihan dan sertifikasi ini adalah peserta yang juga terdiri dari orang-orang difabel (penyandang cacat).

“Penjaringan peserta juga dilakukan ke beberapa Sekolah Luar Biasa dan komunitas disabilitas  berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan supaya mereka dapat mengikuti pelatihan dengan baik,” ujar Dhara.

BACA JUGA : Keraton Solo Gelar Vaksinasi Covid-19 Mulai 20 September 2021 hingga 2 November 2021

Teori dan Praktik

Pelatihan diisi dengan pemaparan teori dasar dan dilanjutkan dengan praktik espresso based, manual brew, dan juga hospitality.

Ketiga hal ini yang kemudian akan diujikan pada hari terakhir pelatihan untuk syarat mendapatkan sertifikat pelatihan.

BACA JUGA : Nafa Urbach Diteror dan Diancam Penagih Jasa Peminjaman Online (Pinjol)

“Sertifikat pelatihan tersebut akan digunakan peserta sebagai dasar untuk mengikuti sertifikasi kompetensi,” ucap Dhara.

Antusias

Menurutnya, para peserta tampak antusias mengikuti keseluruhan pelatihan, sebab tidak semua peserta memiliki pengetahuan dasar mengenai barista.

“Ke depan, diharapkan pelatihan serupa dapat dilaksanakan secara rutin supaya penyerapan tenaga kerja dapat diwujudkan secara meluas,” kata Dhara. (jun)

Share:

1 comments: