Portal Berita Derah, Nasional dan Global

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Sabtu, 18 September 2021

Mantan Pengantin ISIS Shamima Begum Minta Diizinkan Kembali ke Inggris

Mantan pengantin Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) Shamima Begum.

SOLOSKOY.COM, DAMASKUS  - Mantan pengantin Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) Shamima Begum (22), tampil berbeda demi mendapatkan simpati publik, dalam upayanya kembali ke Inggris.

Tampil dalam program ITV Good Morning Britain, Shamima mengenakan topi Nike hitam, atasan kaus abu-abu, dan rambutnya dibiarkan terurai.

Dia juga memakai makeup, jauh berbeda dari ketika dia pertama kali ditemukan di kamp pengungsian Suriah, awal 2019 lalu.

Shamima Begum berusia 15 tahun ketika dia melakukan perjalanan dari rumahnya di London pada 2015 dengan dua teman sekolahnya ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS. 

Dia menikah dengan seorang pejuang ISIS dan memiliki tiga anak, dan dijuluki pengantin ISIS.

Ditemukan Jurnalis

Empat tahun kemudian di 2019, Shamima Begum ditemukan oleh seorang jurnalis dan menyatakan keinginannya untuk pulang.

Namun saat pertama kali ditemukan, Shamima tidak menunjukkan penyesalan sedikit pun. Membuat publik "Negeri Ratu Elizabeth" marah.

Pemerintah memutuskan mencabut kewarganegaraan, Shamima, diperkuat keterangan mahkamah agung bahwa dia tidak boleh pulang.

Berbicara kepada Good Morning Britain, Shamima berkilah negara seharusnya tidak menghukum seseorang atas kesalahan yang dilakukan saat dia masih berumur 15 tahun.akal

Akan Menolak

Perempuan asal London tersebut bahkan menegaskan, jika ISIS sampai datang ke kamp pengungsiannya, maka dia bakal menolak.

"Saya lebih baik mati. Benar, saya lebih baik mati daripada bergabung bersama mereka lagi," kata Shamima yang kini berusia 22 tahun.

Dia mengeklaim terlalu muda untuk memahami apa yang dia lakukan tatkala hidup bersama kelompok teroris selama empat tahun.

Mengaku Dicuci Otak

Dilansir The Sun Jumat(17/9/2021), Shamima mengaku gampang terpengaruh. "Saya kira saya dicuci otak dan dimanfaatkan oleh mereka," kata dia.

Dia berujar saat itu, dia tak mengetahui ISIS merupakan organisasi jahat, dan mengiranya sebagai komunitas Muslim biasa.

Shamima Begum berkilah dia dicekoki informasi sesat oleh teroris. Dia disebut takkan bisa jadi Muslim yang baik di Inggris.

Penampilan Shamima yang cenderung lebih terbuka mendapatkan respons warganet. Tak sedikit yang menyindirnya hendak maju sebagai calon peserta Love Island. (kompas.com)


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tampil Beda, Mantan PengantinISIS Shamima Begum Minta Kembali ke Inggris"

Share:

1 comments:

Arsip