Portal Berita Derah, Nasional dan Global

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Selasa, 21 September 2021

Keraton Solo Gelar Vaksinasi Covid-19 Mulai 20 September 2021 hingga 2 November 2021

V
Vaksinasi Covid-19 perdana di Pagelaran Sasana Sumewa Keraton Kasunanan Surakarta.

SOLOSKOY.COM, SOLO - Vaksinasi Covid-19 di Kota Solo terus dilakukan di berbagai tempat, termasuk di lingkungan Keraton Kasunanan Surakarta (Keraton Solo).

Di sini, vaksinasi dilakukan mulai 20 September-6 Oktober 2021 untuk tahap pertama, dan tahap kedua pada 18 Oktober 2021-2 November 2021.

Vaksinasi di lingkungan Keraton Kasunanan Surakarta ini hasil kerja sama keraton dengan Pemerintah Kota Surakarta, RST Slamet Riyadi (DKT) dan Salim Group serta PMI Solo.

BACA JUGA : Tolak Vaksin Covid-19, Ribuan Pekerja Kesehatan di Perancis Diberhentikan

Vaksinasi perdana di Pagelaran Sasana Sumewa Keraton Kasunanan Surakarta, Senin (20/09/2021), ditinjau oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka alias Mas Wali.

Prameswari Raja 

Selain Gibran, hadir pula Ratu Pakoe Boewono (PB) Kanjeng Ratu Ayu (KRAy) Adipati Pradapaningsih atau prameswari (permaisuri) Raja Keraton Kasunanan PB XIII.

Mas Wali Kota mengapresiasi sentra vaksinasi di Keraton Kasunanan Surakarta itu. "Terimakasih, hari ini ada serbuan vaksinasi di Keraton Kasunanan Surakarta,” kata Gibran.

“Harapannya tempat pariwisata di Solo bisa segera pulih dan bisa dibuka kembali, tentu dengan prokes yang ketat," paparnya.

BACA JUGA : Karyawan Hotel Solia Zigna Kampung Batik Laweyan Divaksinasi Covid-19 oleh Tim Medis RST Slamet Riyadi Solo

15.000 Dosis

Sedangkan Koordinator Sentra Vaksinasi Keraton, RAy Febri Hapsari Dipokusumo, kepada wartawan mengatakan sekitar 15.000 dosis vaksin disiapkan untuk membantu program pemerintah dalam percepatan vaksinasi.  

Adapun vaksinasi ini tidak hanya dikhususkan untuk abdi dalem keraton namun juga masyarakat yang berkegiatan di sekitar lingkungan keraton. Antara lain tukang becak, pedagang kaki lima, dan penjual suvenir.

BACA JUGA : Agnez Mo dan AG Peduli Bangun Klinik Vaksin Covid-19 Gratis

"Targetnya mereka yang beraktivitas di seputar beteng keraton, kawasan Baluwarti dan sekitarnya, sehingga tercapai herd immunity atau kekebalan komunitas di lingkungan Keraton Surakarta," paparnya.

Dari Luar Solo

Selain itu mereka yang divaksin tidak hanya warga ber-KTP Solo saja karena  banyak abdi dalem maupun sentono dalem berasal dari luar Solo.

“Alhamdulillah Pak Walikota Solo mengizinkan," kata Febri, yang juga menantu PB XII.

Sebelumnya para abdi dalem dikoordinir terlebih dahulu. Pihaknya juga bekerjasama dengan pihak kecamatan-kecamatan di Solo lalu masing-masing kecamatan mengirimkan perwakilan.  (jun)

Share:

2 comments:

Arsip