Portal Berita Derah, Nasional dan Global

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Kamis, 23 September 2021

Angkat Busana Pengantin Mangkunegaran, Dinas Kebudayaan Solo Tanamkan Nilai Tradisi pada Kaum Muda

Workshop bertema Busana Pengantin Mangkunegaran yang digelar Dinas Kebudayaan Solo.

SOLOSKOY.COM, SOLO – Pemerintah Kota Surakarta melalui Dinas Kebudayaan Surakarta menggelar workshop Gelar Panca Pustaka Nilai Tradisi, Rabu (22/09/2021) di Rumah Kabudayan nDalem Djojokoesoeman, Solo.

Workshop bertema Busana Pengantin Mangkunegaran ini juga disiarkan secara daring melalui kanal YouTube Dinas Kebudayaan Kota Surakarta mulai pukul 09.30 WIB.

BACA JUGA : Keraton Solo Gelar Vaksinasi Covid-19 Mulai 20 September 2021 hingga 2 November 2021

"Kami berharap workshop di bidang nilai tradisi ini jadi ruang apresiasi bagi pelaku dan penikmat seni budaya sekaligus komoditas menarik bagi wisatawan yang berdampak pada perekonomian masyarakat Kota Surakarta," kata epala Dinas Kebudayaan Kota Surakarta, Drs Agus Santoso MM.

Jumlah Perserta Hadir Terbatas

Menurut siaran pers yang diperoleh redaksi SoloSkoy.com, workshop ini mengundang hadir peserta terbatas dari perwakilan siswa siswi dan guru beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Surakarta.

Antara lain dari SMK Negeri 8, SMK Negeri 7, SMK Negeri 4, SMK Marsudirini, dan SMA Negeri 4 Surakarta.

BACA JUGA : Ekspos Kegiatan, Badan Promosi Pariwisata Daerah Solo Gandeng PRSSNI Surakarta

Adapun para generasi muda dan masyarakat umum dapat mengikuti acara secara daring.

Selain di kanal YouTube Dinas Kebudayaan Kota Surakarta, acara ini juga dapat dilihat di Gibran TV, Pariwisata Solo, dan Batik TV.

Khas Pura Mangkunegaran

Narasumber yang dihadirkan yaitu kerabat Pura Mangkunegaran Surakarta, Dra RAy Irawati Kusumorasri MSn, untuk menjelaskan sejarah pengantin khas Mangkunegaran; dan juru rias pengantin Istana Mangkunegaran Surakarta, Retno Yanti,  yang menjelaskan tata rias dan pakaian khas pengantin gaya Mangkunegaran Surakarta.

Juga, fashion designer Kota Surakarta, Drs Djoko Boedi Santosa yang dikenal dengan nama Joko SSP, untuk menampilkan karya baru yang terinspirasi dari gaya pengantin Mangkunegaran Surakarta.

BACA JUGA : Hotel Solia Zigna Solo Sajikan Menu Tradisional Nusantara 

Selain penjelasan dari para narasumber, terdapat pula fashion show yang menampilkan sepasang pengantin, patah, cucuk lampah, orang tua pengantin, dan pengiring gaya Mangkunegaran Surakarta.

Para peserta workshop yang hadir di lokasi juga mempraktikkan penggunaan jarik yang diarahkan oleh para narasumber.

Workshop ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan kecintaan para peserta yang hadir di lokasi acara serta masyarakat penikmat seni budaya yang menonton secara daring melalui nilai tradisi pengantin gaya Mangkunegaran Surakarta. (jun)

Share:

2 comments:

Arsip