Portal Berita Derah, Nasional dan Global

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Rabu, 28 Juli 2021

Presidium KAMI Jateng Minta Ganjar Pranowo Beri Kelonggaran bagi Para Pedagang Kecil Selama PPKM Level 4

 Ketua dan Sekretaris Presidium KAMI Jateng, Mudrick SM Sangidu dan Sutoyo Abadi.

SOLOSKOY.COM, SOLO – Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Jawa Tengah (Jateng) mengirim surat kepada Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo terkait perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)  Level 4.

Isi surat, antara lain, memohon kepada Ganjar agar tidak  mengeluarkan aturan teknis yang melawan masyarakat yang sedang mencari nafkah (mencari makan) pada saat PPKM Level 4 yang berlaku 26 Juli 2021-2 Agustus 2021.

“Kami mohon agar mengambil keputusan cerdas dan manusiawi,” tulis Ketua dan Sekretaris Presidium KAMI Jateng, Mudrick SM Sangidu dan Sutoyo Abadi, dalam surat yang dikirim pada Rabu (28/07/2021).

Presidium KAMI Jateng  juga memohon agar para petugas yang melakukan pemantauan pelaksanaan PPKM Level 4 dari tanggal 26 Juli-2 Agustus 2021, menghindari tindakan kekerasan dengan alasan apapun.

Pendekatan Manusiawi

“Lakukan pendekatan yang santun dengan pendekatan manusiawi bagi mereka yang mungkin lalai dalam disiplin protokol kesehatan,” tulis Mudrick dan Sutoyo Abadi dalam surat yang ditembuskan kepada Presidium KAMI Nasional, Kapolda Jawa Tengah, Pangdam IV / Diponegoro, Ketua DPRD Jawa Tengah, dan  bupati-wali kota se-Jawa Tengah.

Mereka juga memohon agar Ganjar melalui petugas di lapangan memberi kelonggaran bagi para pemilik warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka, yang saat ini dibatasi hanya diberi waktu 20 menit untuk melayani pembeli dine in (makan di tempat).

Dalam suratnya, Presidium KAMI Jateng juga merinci kronologi perpanjangan kebijakan PPKM Level 4 di Jawa-Bali (termasuk di Solo dan sekitarnya) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Minggu 25 Juli 2021.

“Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi, dan dinamika sosial, telah diputuskan Presiden melanjutkan PPKM Level 4 dari tanggal 26 Juli-2 Agustus 2021,” tulis Mudrick dan Sutoyo Abadi.

Penyesuaian

Adapun penyesuaian dalam PPKM Level 4 tersebut di antaranya adalah: 

1. Pasar tradisional yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari, diizinkan dibuka seperti biasa dengan protokol kesehatan yang ketat.

2. Pasar tradisional, selain yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari, diizinkan dibuka sampai dengan pukul 15.00 dengan kapasitas maksimal 50 persen dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat yang pengaturannya ditetapkan oleh Pemerintah Daerah.

3. Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen/outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha kecil lain yang sejenis, diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai dengan pukul 21.00 yang pengaturan teknisnya diatur oleh Pemerintah Daerah.

4. Warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai dengan pukul 20.00 dan maksimum waktu makan untuk setiap pengunjung 20 menit. (jun)


Share:

1 comments:

  1. PPKM dua hari lagi selesai.

    Diperpanjang lagi apa enggak ya

    BalasHapus