Portal Berita Derah, Nasional dan Global

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Rabu, 02 Juni 2021

Tehbotol Sosro Bersama Keplek Ilat Creative Food Gelar Webinar untuk Berdayakan UMKM Kuliner Solo Raya

 

 Sabrina Kharisanti,Chief Marketing Officer PT Sinar Sosro, dalam webinar berjudul Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli Daerah Bersama Tehbotol Sosro.

SOLOSKOY.COM, SOLO - Tehbotol Sosro melalui gerakan Locals Unite bersama  Keplek Ilat Creative Food pada Rabu (02/06/2021) mengadakan webinar berjudul “Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli Daerah Bersama Tehbotol Sosro.”

 

Acara yang digelar secara virtual ini bertujuan untuk mengangkat potensi kuliner asli khas lokal melalui pemberdayaan UMKM dari aspek ilmu bisnis, pemasaran, branding, dan komunikasi.


Dalam kegiatan yang dilakukan secara daring tersebut, Tehbotol Sosro berkolaborasi dengan kurang-lebih 100 pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di bidang kuliner se-Solo-Raya.


“Gerakan Locals Unite ini diluncurkan 12 Agustus 2020 sebagai sebuah platform untuk menggali potensi, memamerkan produk hasil kolaborasi, dan membangun ekosistem bagi brand-brand lokal Indonesia,” ujar Sabrina Kharisanti selaku Chief Marketing Officer PT Sinar Sosro, dalam siaran pers yang diperoleh redaksi SoloSkoy.com, Rabu (2/06/2021).


Tiga Bidang Utama

 

“Saat ini Locals Unite memfokuskan kerjasamanya dengan brand lokal di tiga bidang utama, yakni kuliner yaitu makanan dan minuman, pakaian dan aksesoris, serta seni,” katanya.


Locals Unite  diharapkan menjadi ekosistem kolaborasi yang tepat untuk memberdayakan usaha-usaha lokal agar tetap terus berinovasi dan berkreasi demi memajukan kuliner asli khas Indonesia sehingga terus memiliki daya saing kualitas cita rasa,” ungkap Sabrina.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Surakarta, Heri Purwoko, membuka webinar berjudul Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli Daerah Bersama Tehbotol Sosro. 

Adapun rangkaian kegiatan Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli Daerah Bersama Tehbotol Sosro terdiri dari webinar, workshop, dan kompetisi.

Dimulai dengan webinar yang menghadirkan para praktisi bisnis kuliner maupun chef nasional untuk memberikan perspektif kiat sukses kepada para pelaku kuliner di daerah serta membina para pelaku kuliner lokal berkreasi resep bermuatan produk Tehbotol Sosro.

Chef Ari Galih dan Jordi Onsu

Hadir dalam webin dar tersebut adalah Chief Marketing Officer PT Sinar Sosro, Sabrina Kharisanti, Chef Ari Galih yang dikenal sebagai presenter acara masak di TV nasional, pengusaha franchise ternama Jordi Onsu serta Serra Argo Rianda sebagai pemilik Selat Vien's Solo.


Dalam kesempatan tersebut, pemateri dan chef memberikan edukasi sekaligus pembinaan agar para pelaku UMKM dapat mengembangkan skill-nya baik di bidang pemasaran maupun dari sisi kreasi kuliner.


Webinar yang berlangsung selama dua jam tersebut mendapat antusias yang luar biasa dari para peserta. 


Kehadiran Chef Ari Galih selaku pembicara dari sisi chef turut mengapresiasi kegiatan pemberdayaan UMKM kuliner khas lokal.


Perlu Dukungan


Chef Ari Galih menyampaikan bahwa kuliner khas lokal perlu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, seperti pelaku usaha, pemerintah, dan komunitas.


“Selain perlu adanya inovasi dan kreasi terhadap kuliner khas lokal, keberadaan kuliner khas lokal juga perlu didukung oleh berbagai pihak, sehingga baik pelaku UMKM kuliner maupun produk kuliner khas lokalnya dapat bersaing di zaman modern ini. kata Chef Ari Galih.


Selain memberikan tips memasak kuliner khas lokal, Chef Ari juga melakukan cooking demo kreasi resep Serabi Notosuman khas Solo yang dikombinasikan dengan Tehbotol Sosro.


Resep kreasi tersebut dapat menjadi salah satu inspirasi para UMKM untuk dapat berkreasi dengan beragam bahan maupun olahan kuliner khas lokal. (jun)

Share:

1 comments: