Portal Berita Derah, Nasional dan Global

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Minggu, 27 Juni 2021

Locals Unite Tehbotol Sosro Ajak UMKM Lokal Solo Raya Berkreasi Melalui Kompetisi, Ini Para Pemenangnya

 

Bentuk kreasi kuliner lokal.yang memenangi kompetisi yang digelar Tehbotol Sosro bersama Keplek Ilat Creative Food.  FOTO : ISTIMEWA 

SOLOSKOY.COM, SOLO - Setelah sukses menggelar webinar dan kompetisi resep berjudul “Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli se-Solo Raya Bersama Tehbotol Sosro” pada 02 Juni 2021, Tehbotol Sosro bersama Keplek Ilat Creative Food menyelenggarakan workshop beserta penjurian kompetisi kreasi kuliner lokal.

Acara yang diselenggarakan secara live streaming melalui Youtube ini berlangsung lancar dan dihadiri oleh Wakil Wali Kota Surakarta, Teguh Prakosa, Sabtu (26/06/2021)..

Wakil Wali Kota Surakarta, Teguh Prakosa, dalam workshop beserta penjurian kompetisi kreasi kuliner lokal  yang digelar Tehbotol Sosro bersama Keplek Ilat Creative Food.

Sejak dimulainya kompetisi kreasi kuliner asli lokal ini, terdapat 124 resep yang dikirim oleh 109 peserta se-Solo Raya secara online.

Rangkaian kegiatan tersebut merupakan salah satu dari program gerakan Locals Unite dari Tehbotol Sosro.

Prokes Ketat

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas UMKM & Koperasi Kota Surakarta,  Heri Purwoko,  dan Ketua Keplek Ilat, Irawati Kusumorasri, tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Tidak hanya mewajibkan peserta bermasker, peserta dan panitia juga diwajibkan melakukan tes antigen, dan hanya hasil negatif yang dapat mengikuti proses penjurian.

Selain itu, untuk menghindari kerumuman, para peserta juga terbagi dari beberapa sesi penjadwalan penjurian sehingga proses penjurian tetap dapat berjalan aman.

Diawali dengan pemberian materi dan pembinaan dari para praktisi kuliner serta chef nasional pada webinar sebelumnya, kali ini para pelaku UMKM berkesempatan untuk mengikuti kompetisi dan workshop yang dilanjutkan dengan ajang pameran kreasi resep dari para peserta.

60 Resep

Para pelaku UMKM kuliner diajak untuk mengembangkan dan menciptakan kreasi kuliner asli lokal menggunakan produk Tehbotol Sosro.

Terdapat 60 resep yang terseleksi untuk dipamerkan dan dijuri oleh dua juri lokal :  Danang sebagai Ketua Komunitas Solo Kuliner, Chef Brian Wicaksono dikenal sebagai Ketua Indonesian Chef Association (ICA) Solo dan owner dari Java Terrace, serta chef nasional Chef Ari Galih.

Melalui kompetisi ini, para peserta berkesempatan untuk mendapatkan pembinaan modal total senilai Rp 150 juta bersama Tehbotol Sosro.

Sejak 12 Agustus 2020

Hadir secara online dalam acara, Denta Anggakusuma selaku General Manager PT Sinar Sosro menyampaikan bahwa Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli Daerah Bersama Tehbotol Sosro ini merupakan bagian dari gerakan Locals Unite yang dimulai sejak 12 Agustus 2020.

“Bidang kuliner menjadi salah satu dari 3 fokus kami, fashion dan karya seni,” ucapnya.

“Harapan kami, melalui gerakan Locals Unite kami bisa membantu brand-brand lokal dengan menjadi wadah bagi para UMKM untuk berinovasi dan berkreasi dalam mengembangkan kuliner khas lokal”, paparnya.

Para peserta UMKM juga kembali mendapatkan materi dari Sulistiyono,Owner Leker Gajahan.

Sebagai seorang pengusaha sukses yang dikenal di Kota Solo, Sulistiyono memberikan beberapa tips suksesnya kepada para UMKM.

Tiga Pemenang Utama

Kreasi resep peserta dinilai dari segi rasa, tampilan, dan keselarasan.

Setelah hampir setengah hari dilakukan proses penjurian, terpilih tiga pemenang utama yang diumumkan melalui live streaming tersebut.

Pemenang pertama adalah kreasi Creamy Tehbotol Sosro oleh  Renata Zoraifi, juara dua adalah resep dengan judul Somat  oleh Murni, dan juara tiga adalah kreasi Nasi Liwet Sosro dan Lauk Cuan-Cuan Bandeng Kuah Tehbotol Sosro oleh Vodka Aradhata. (jun)

Share:

1 comments: