Portal Berita Derah, Nasional dan Global

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Rabu, 16 Juni 2021

24 Dosen Muda UMS Ikuti Prajabatan Dosen Muda Tahun 2021

Prajabatan Dosen baru tahun 2021 di UMS digelar secara daring dan luring. FOTO : HUMAS UMS

SOLOSKOY.COM, SUKOHARJO - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menambah dosen muda dengan Prajabatan Dosen baru yang dikuti 24 dosen dari berbagai fakultas di UMS.

Acara ini diselenggarakan oleh Biro Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) selama 3 hari pada tanggal 14 - 16 Juni 2021 secara daring dan luring.

Menurut siaran pers dari Bagian Humas UMS, Rabu (16/06/2021), acara digelar di Gedung Induk Siti Walidah lantai 7 di Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Jateng, dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Bantuan Dosen Muda

Rektor UMS Prof Dr Sofyan Anif MSi berharap pada tahun 2025 dengan program akselerasi mutu, UMS dapat mencapai "World Class University", dengan bantuan dosen-dosen muda,

"Saya berharap pada tahun 2025 UMS dapat menjadi World Class University dengan dorongan dosen-dosen muda," terang Sofyan Anif dalam pembukaan prajabatan dosen.

Adapun Prof Dr Ir Muhammad Zainuri DEA sebagai Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jateng berharap dengan bertambahnya dosen baru dalam waktu 2,5 tahun dapat naik tingkat jabatan akademik menjadi Asisten Ahli dan ikut andil dalam perkembangan universitas.

Naik Jabatan

"Dalam waktu dua setengah tahun saya harap dosen muda dapat segera naik jabatan akademik dan berkontribusi terhadap dunia pendidikan," pesan Prof Zain saat menyampaikan materi secara daring.

Sedangkan irektur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Diktı) Prof Ir Nizam MSc DIC PhD IPU Asean Eng menjelaskan kembali tentang Kampus Merdeka.

Ia menyebut Kampus Merdeka merupakan bagian dan kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier di masa depan.

Lebih Produktif

Tri Widryatno PhD selaku Ketua bagian PPSDM menyampaikan tujuan diadakan prajabatan adalah untuk menanamkan komitmen bagi para dosen muda sehingga lebih produktif dan dapat menjalankan tugas pokok sebagai tenaga pengajar.

Selama proses ini BPSDM akan mendampingi pengurusan jenjang karir dosen secara maksimal sehingga untuk lima  sampai 10 tahun mendatang para dosen muda dapat berkontribusi secara akademik maupun nonakademik.

 Dalam prajabatan kali ini terdapat 24 dosen muda yang berasal dari tujuh fakultas Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan (FKIP), Fakultas llmu Kesehatan (FIK), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), serta Fakultas Komunikası dan Informatika (FKI). (jun)

Share:

1 comments: