Portal Berita Derah, Nasional dan Global

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Selasa, 06 April 2021

Permohonan Praperadilan Mega Bintang terhadap Kapolresta Solo Kandas, Mudrick : Kalah-Menang Bukan Tujuan Kami

Ketua Dewan Pembina Mega Bintang Mudrick SM Sangidu (kanan).

SOLOSKOY.COM, SOLO -  Pengadilan Negeri Solo (PN Solo), Selasa (6/04/2021) siang, menolak permohonan praperadilan Mega Bintang terhadap Polresta Solo dalam kasus penangkapan pengkritik Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Hakim tunggal Sunaryanto SH dalam amar putusannya antara lain menyatakan dua alasan tidak menerima permohonan praperadilan Mega Bintang.

Pertama, Pemohon dalam hal ini Yayasan Mega Bintang sebagai Pemohon I dan LBH Mega Bintang sebagai Pemohon II, tidak mempunyai Legal Standing dalam permohonan Praperadilan perkara ini.

Kedua, isi permohonan Praperadilan Mega Bintang melawan Kapolresta Surakarta Kombes Ade Safri Simanjuntak tidak sesuai dengan Pasal 77 KUHAP dan 79 KUHAP.

“Sesuai dengan pasal 79 KUHAP oleh karena para pemohon bukan sebagai tersangka, keluarga tersangka atau pihak yang diberikan kuasa oleh tersangka untuk mengajukan praperadilan sah atau tidaknya penangkapan,” kata Sunaryanto.

BACA JUGA : Mudrick Prediksi Praperadilan Mega Bintang ke Polresta Solo terkait Wali Kota Gibran Akan Kandas

Menanggapi putusan tersebut, Mudrick SM Sangidu sebagai Ketua Dewan Pembina Mega Bintang menyatakan tidak terkejut, karena dia sudah memprediksi sebelumnya bahwa Mega Bintang akan kalah dalam permohonan ini.

“Sebagaimana dulu telah saya sampaikan, Mega Bintang akan kalah karena ini bukan perkara tentang semata Kapolresta Surakarta melainkan ada sisi seorang 'Wali Kota plus’ yaitu  Saudara Gibran yang Putra Presiden Jokowi," papar Mudrick kepada wartawan seusai sidang.

BACA JUGA :  Yayasan dan LBH Mega Bintang Praperadilankan Polresta Solo Karena Menangkap Pengkritik Mas Wali Kota Gibran

Lebih lanjut Mudrick menyampaikan bahwa kalah-menang bukan tujuan Mega Bintang dalam permohonan Praperadilan ini.

"Kalah-menang bukan tujuan kami dalam permohonan Praperadilan ini, melainkan sebagai sebuah bentuk pembelajaran kepada masyarakat bahwa semua warga negara kedudukannya sama di mata hukum, dan kita harus berani menyuarakan kebenaran," ujar Mudrick menegaskan.

Tak Ada Gangguan Keamanan

Pada bagian lain Mudrick menyatakan menbersyukur selama sidang digelar sejak Senin (29/03/2021) pekan lalu berjalan lancar dan tidak ada gangguan keamanan.

Mudrick pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta menjaga kondusifitas selama berjalannya sidang.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengikuti jalannya persidangan dengan tertib dan aman,” katanya.

BACA JUGA :  Kuasa Hukum Kapolresta Solo Minta PN Solo Tolak Permohonan Praperadilan Mega Bintang dalam Penangkapan Pengkritik Wali Kota Gibran

Salam Hormat untuk Hakim dan Kapolresta

Ia juga menyampaikan salam hormat untuk Hakim Sunaryanto SH yang menangani perkara permohonan praperadilan ini, dan kepada Kapolresta Surakarta Kombes Ade Safri Simanjuntak yang menjadi Termohon Praperadilan.

“Salam hormat saya kepada Pak Kapolresta dan Pak Hakim,” ujarnya.

Menutup wawancara, karena sekarang menjelang datang Bulan Ramadan, Mudrick mewakili Keluarga Besar Mega Bintang mengucapkan selalamat menunaikan Ibadah Ramadan 1442 H. “Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT, diampuni segala kesalahan dan dosa-dosa kita,” ucapnya. (jun)

Share:

2 comments:

Arsip