Portal Berita Derah, Nasional dan Global

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Senin, 26 April 2021

Busyro Muqoddas Sampaikan Tiga Pesan Penting KH Ahmad Dahlan di Tabligh Akbar Ramadan UMS

 

Tabligh Akbar Gema Ramadan UMS yang menghadirkan Busyro Muqoddas sebagai pembicara. FOTO : DOK HUMAS UMS

SOLOSKOY.COM, SUKOHARJO -  Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Tabligh Akbar Gema Ramadan untuk kedua kalinya, di Masjid Sudalmiyah Rais Kampus 2 UMS di Pabelan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jateng, Sabtu (24/04/ 2021).

Pembicara acara ini adalah Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Hikmah dan Kebijakan Publik, Hukum dan HAM yang juga mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), M Busyro Muqoddas SH MHum.

Acara dibuka Wakil Rektor 1 UMS Bidang Akademik dan Kerja Sama, Prof Dr Muhammad Da'i MSi Apt.

Dalam pidato sambutannya, dia antara lain mengatakan Indonesia sedang diuji oleh Allah SWT dengan musibah-musibah seperti banjir, gempa, dan yang baru terjadi adalah tenggelamnya kapal selam.

"Indonesia juga sedang diuji dengan berbagai cobaan,”  ujar Muhammad Da'i dalam siaran pers yang dikirim Humas UMS ke redaksi SoloSkoy.com, Senin (26/04/2021).

Tiga Wasiat

Adapun Busyro Muqoddas membawakan tema “Ramadan dan Spirit Muhammadiyah dalam Penegakan Nilai Kemanusiaan dan Keadilan”.

Dia menyampaikan tiga wasiat dari almarhum KH Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah, yaitu, pertama,  Aku titipkan Muhammadiyah kepadamu; kedua, hidup-hidupilah Muhammadiyah, jangan mencari-cari kehidupan di dalam Muhammadiyah; dan yang ketiga, menjadi apa saja, kembalilah ke Muhammadiyah.

Selain itu Busyro Muqoddas menyampaikan bahwa negeri Indonesia sedang dilanda krisis akhlak politik.

"Negeri kita ini sedang dilanda krisis akhlak, krisis akhlak politik, misalnya penyimpangan dari agama dan dasar negara Pancasila dan UUD 45, akibat dari demokrasi transaksional," ujarnya. (jun)

Share:

2 comments:

Arsip