Portal Berita Derah, Nasional dan Global

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Sabtu, 20 Maret 2021

LBH Mega Bintang Lepas Mahasiswa Magang dari FH UMS, Acara Dihadiri Ketua Presidium MAKI Boyamin Saiman

 


SOLOSKOY.COM, SOLO - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Mega Bintang Solo melepas para mahasiswa magang dari Fakultas Hukum (FH) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sabtu (20/03/2021) siang.

Acara pelepasan dilakukan di Ruang Hj Sopiah, Kompleks Gedung Umat Islam Kartopuran Solo.

Sebelumnya, para mahasiswa semester VIII FH UMS itu mengikuti program magang selama satu bulan di LBH Mega Bintang.

Boyamin Saiman, Ketua Presidium MAKI  (depan-kiri), dan Ketua Dewan Pembina Mega Bintang, Mudrick MS Sangidu (depan-tengah), saat pelepasan mahasiswa magang LBH Mega Bintang.

Hadir dalam acara pelepasan ini Ketua Dewan Pembina Mega Bintang, Mudrick MS Sangidu, para advokat LBH Mega Bintang dan Boyamin Saiman, Ketua Presidium Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) yang juga alumnus UMS sekaligus mantan tokoh Mega Bintang.

BACA JUGA : Sekjen Mahutama, Auliya Khasanofa, Kini Bergelar Doktor Ilmu Hukum dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Mudrick mengingatkan para mahasiswa yang selesai magang itu untuk memegang teguh prinsip kebenaran.

"Sekembalinya kalian dari sini, saya berharap kalian bisa mengamalkan ilmu yang kalian peroleh dari kampus maupun selama magang di LBH Mega Bintang ini,” katanya.

Mudrick meminta mereka harus berani menyuarakan kebenaran.

“Musuh umat manusia adalah ketidakadilan, nggak mungkin ada kedamaian tanpa adanya keadilan," papar Mudrick .

BACA JUGA : Aktivis Pergerakan Jateng-DIY Deklarasikan Aliansi Rakyat Bergerak

Mudrick menyampaikan bahwa dahulu Mega Bintang lahir untuk melawan ketidakadilan dan kesewenang-wenangan penguasa saat itu yakni rezim Orde Baru.

Maka, kata Mudrick, para mahasiswa yang telah magang di LBH Mega Bintang harus bisa meneruskan perjuangan para senior mereka.

Jaga Marwah Perjuangan

Adapun Boyamin menitip pesan kepada para mahasiswa untuk senantiasa menjaga marwah perjuangan dalam menegakkan kebenaran dan keadilan.

"Bahkan sampai saat ini status saya adalah mahasiswa UMS,” kata pria yang pernah menjadi anggota F-PP DPRD Solo yang kini tinggal di Jakarta ini.

“Saya mahasiswa Angkatan ‘91, dahulu saya berhenti kuliah karena saya diajak Pak Mudrick untuk demo melawan Orde Baru,” ujar Boyamin.

“Lalu pada akhirnya saya diperintahkan oleh Pak Mudrick untuk menjadi anggota DPRD Kota Surakarta, dan menjadi aktivis melawan kesewenang-wenangan penguasa Orde Baru," papar Boyamin.

BACA JUGA : Berkumpul di Solo, Presidium KAMI Se-Jawa Serukan 10 Poin Pernyataan Sikap, Termasuk tentang Pembunuhan Laskar FPI

Di pihak lain, para mahasiswa yang selesai magang di LBH Mega Bintang berterimakasih sekaligus merasa puas dan bangga bisa ikut magang di LBH Mega Bintang.

"Sungguh sebuah kebanggaan tersendiri kami ikut magang di sini,” ungkap Adita Ramadan, mewakili kawan-kawannya.

Menurutnya, banyak ilmu yang dia terima dari para advokat LBH Mega Bintang yang dalam penyampaiannya sangat bisa diterima.

“Ramah, familiar dan sangat menyenangkan,” katanya memuji.

“Kami juga terkesan sekali dengan semangat yang digelorakan kepada kami,” kata Adita menambahkan. (jun)

Share:

1 comments:

Arsip