Portal Berita Derah, Nasional dan Global

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Jumat, 09 April 2021

Ketua STMIK Sinar Nusantara Surakarta : Semua Bidang Kehidupan Butuh Keahlian Lulusan STMIK Sinus

 

 Wisuda Sarjana dan Diploma STMIK Sinar Nusantara Surakarta ke-27 di Hotel Sunan, Solo, Sabtu (10/4/2021). 

SOLOSKOY.COM, SOLO – Ketua STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) Sinar Nusantara Surakarta, Kumaratih Sandradewi, menyebutkan bahwa Teknologi informasi (TI) yang berbasis komputer adalah tulang punggung era Industri 4.0 sekarang ini. 

“IT menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video yang menjadi kebutuhan hidup manusia modern,” ujar Kumaratih Sandradewi dalam sambutannya pada Wisuda Sarjana dan Diploma ke-27 di Hotel Sunan, Solo, Sabtu (10/4/2021) pagi.

Ia mengatakan, di era Industri 4.0 sekarang ini, semua terintegrasi oleh internet.

“Karena itulah sumber daya manusia yang melek teknologi informasi seperti Anda adalah orang-orang yang sangat dibutuhkan keahliannya pada semua bidang kehidupan," katanya.

BACA JUGA : Politeknik Santo Paulus Surakarta Gandeng Bank Sampah Bunga Raya Purbayan Gelar Penyuluhan Kesehatan tentang Serat Pangan

Wujud Tanggung Jawab

Sebanyak 186 orang, yang terdiri dari 30 orang Program Diploma III dan 156 orang Program Sarjana dinyatakan lulus dari STMIK Sinar Nusantara (Sinus).   

"Lulusan ini merupakan salah satu wujud tanggung jawab STMIK Sinar Nusantara kepada Bangsa dan Negara Indonesia dan sekaligus merupakan wujud karya utama STMIK Sinar Nusantara," ucap Kumaratih.

BACA JUGA : Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Mewisuda 2.911 Lulusan Secara Luring dan Daring

Lebih lanjut Kumaratih menyatakan, TI yang telah dipelajari selama di STMIK Sinus merupakan teknologi yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.

"Nah bidang inilah yang harus Anda kembangkan dalam dunia nyata nanti…," kata dia.

Bukan Hanya Komputer Pribadi

Teknologi Informasi, ujar Kamaratih, bukan hanya komputer pribadi, tetapi juga telepon, televisi, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (gadget).

BACA JUGA : LBH Mega Bintang Lepas Mahasiswa Magang dari FH UMS, Acara Dihadiri Ketua Presidium MAKI Boyamin Saiman

Di era Industri 4.0 sekarang ini, semua terintegrasi oleh internet.

"Di bidang itulah keahlian Anda sekalian sangat dibutuhkan," katanya menegaskan.

Bertambah

Sedangkan Wakil Ketua I STMIK Sinus, Wawan Laksito S.Si M.Kom, dalam laporannya mengatakan bahwa sejak kampusnya berdiri hingga sekarang telah mewisuda 3.729 wisudawan yang terdiri atas Ahli Pratama Komputer (13 orang), Ahli Madya Komputer (2.114), dan Sarjana Komputer (1.602).

"Dan hari bertambah 186 ahli madya dan sarjana komputer," ucapnya.

BACA JUGA : KKN di Pajang, Mahasiswa Politeknik Santo Paulus Surakarta Ajari Warga Bikin Hand Sanitizer dan Membuat Karak Gendar Pelangi

Disebutkan pula, jumlah mahasiswa yang menimba ilmu di STMIK Sinus Surakarta tahun akademik 2020/2021 adalah 1.015 mahasiswa yang aktif.

"Mereka terdiri dari 41 mahasiswa Progdi D-3 Sistem Informasi, 11 Mahasiswa Progdi D-3 Sistem Informasi Akuntansi, 76 mahasiswa Progdi D-3 Teknologi Informasi, 327 mhasiswa Progdi S-1 Sistem Informasi, dan 560 Progdi S-1 Informatika," katanya.

Prestasi Terbaik

Pada kesempatan wisuda itu Wawan Laksito juga mengumumkan wisudawan dengan prestasi terbaik.

Mereka adalah Riki Arian Progdi D-3 Sistem Informasi dengan IPK 3.65, Amalia Agustina Progdi D-3 Sistem Informasi Akuntansi dengan IPK 3.71, Bagas Brilianto Progdi D-3 Teknologi Informasi dengan IPK 3.82, Dian Hadi Pradana Progdi S-1 Sistem Informasi dengan IPK 3.86, Nuurun Dwi Wijayanti Progdi S-1 Informatika dengan IPK 3.86. (jun)

Share:

2 comments:

  1. Yang baru lulus bisa cari-cari kerja di @beritalokerjogja

    BalasHapus
  2. Semoga para wisudawan wisudawati segera dapat pekerjaan!

    BalasHapus

Arsip