Portal Berita Derah, Nasional dan Global

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Selasa, 23 Februari 2021

Prof Dr Waston MHum Jadi Guru Besar ke-25 Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

SOLOSKOY.COM, SUKOHARJO - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menambah jumlah guru besarnya menjadi 25 orang. 

Hal itu terjadi setelah dosen UMS, Dr Waston M.Hum, menyandang gelar profesor.

Prof Dr Waston M.Hum selain dosen juga menjabat Sekretaris Program Pendidikan Doktor Agama Islam Pasca-Sarjana UMS yang berlokasi di Pabelan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jateng.

Guru besar terbaru UMS, Prof Dr Waston M.Hum (tengah), bersama Rektor UMS, Prof Dr Sofyan Anif M.Si (kanan), dan pejabat LLDIKTI, Prof Dr Ir Muhammad Zainuri DEA.


Menurut siaran pers yang diperoleh SoloSkoy.com dari Humas UMS, Selasa (23/02/2021), Dr Waston M.Hum menerima SK Guru Besar (Profesor) dalam Bidang Ilmu Agama dan Filsafat.

Penyerahan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 140398/MPK/KP/2020 tentang Kenaikan Jabatan Akademik Fungsional Dosen sebagai Guru Besar dilakukan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah, Prof Dr Ir Muhammad Zainuri DEA, di Gedung Induk Siti Walidah UMS, Senin (22/2/2021).

Pertama di Fakultas Agama

Maka Prof Dr Waston M.Hum menjadi guru besar ke-25 UMS sekaligus guru besar pertama di Fakultas Agama Islam UMS.

Turut hadir dalam acara di Gedung Induk Siti Walidah, Rektor UMS, Prof Dr Sofyan Anif M.Si, Wakil Rektor 1, Prof Dr Muhammad Da'i, M.Si Apt, Wakil Rektor 2, Prof Ir Sarjito M.T Ph.D IPM, Wakil Rektor 4, Dr Muhammad Musiyam M.T, para dekan dan staf pengajar UMS.

Sofyan Anif dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah Prof Dr Ir Zainuri DEA yang untuk pertama kalinya hadir di UMS sebagai Kepala LLDIKTI. 

Rektor juga mengucapkan selamat kepada Prof Dr Waston M.Hum atas kenaikan jabatannya sebagai Guru Besar di bidang Agama dan Filsafat.

Sedangkan Kepala LLDIKTI menyampaikan pesan pentingnya PDDikti untuk mewujudkan pendidikan tinggi bermutu secara realtime. 

Ia juga berharap akan segera ada guru besar lainnya dari UMS.

Estafet Kepemimpinan

Adapun Prof Dr Musa Asy’arie selaku Ketua Program Doktor Pendidikan Agama Islam UMS sekaligus mentor Waston mengucapkan selamat kepada Fakultas Agama Islam Universitas Muhamamdiyah Surakarta memiliki guru besar.

Ia juga berharap segera melanjutkan estafet kepemimpinan yang membidangi Prodi PAI UMS sekaligus agar Fakultas Agama Islam kian kuat karena telah memiliki jenjang pendidikan mulai dari sarjana sampai dengan doktor dalam bidang pendidikan Islam.

"Dengan Mas Waston menjadi profesor kan di Fakultas Agama Islam ada profesornya," ujar dia.

"Di samping itu di Program S3 Pasca UMS dalam waktu tiga tahun dapat meluluskan empat orang doktor, dan sekretaris prodinya telah menjadi profesor," kata Musa Asy'arie.

"Selain itu juga saya berharap Profesor Waston dapat melanjutkan bukan cuma sebagai Sekretaris Prodi namun sebagai Ketua Prodi Program Doktor Pendidikan Islam di UMS menggantikan saya," ujar Musa Asy’arie secara online atau daring.

Sedangkan Prof Dr Waston M.Hum berharap rekan-rekannya di Fakultas Agama Islam segera mempersiapan pengajuan Jabatan Akademik Guru Besar yang dapat didampingi BPSDM UMS dalam pengajuan Guru Besar. (jun)

Share:

1 comments:

Arsip